Bawang Merah tahan 16 minggu dengan menerapkan Metode Pelayuan (Curing) & Pengeringan

Proses Curing/Pelayuan Bawang Merah Untuk Menurunkan Kada Air

Bawang merah adalah komoditas hortikultura yang banyak diperdagangkan. Permasalahan utama kualitas bawang merah yaitu kerusakan selama transportasi dan umur simpan yang pendek. Pada umumnya hal tersebut disebabakan oleh terlalu tinggi kadar air pada bawang merah pada saat akan ditransportasikan ke Pasar Induk, belum lagi di Pasar Induk bawang merah yang terpapar panas.

Jika kualitas di petani kurang baik maka losses akan lebih besar selama trasportasi, terlabih lagi dalam jarak yang sangat jauh. Hal ini tentu perlu dihindari sekecil mungkin, lalu apakah ada teknologi sederhana yang bisa dipakai oleh petani untuk mengingkatkan kualitas bawang merah pascapanen? Tentu saja ada, berikut cara-cara sederhana yang sangat bermanfaat bagi petani untuk menjaga kualitas dan mutu bawang merah pascapanen.

Ada Teknik sederhana yang bisa dipakai oleh petani atau distributor untuk mengurangi tingkat kerusakan bawang merah selama transportasi melalui penanganan pascapanen yang baik dan benar :

Pelayuan (Curing)

Proses penanganan setelah pemanenan sebaiknya dilakukan curing/pelayuan. Pelayuan di lahan biasanya dilakukan dengan menyusun rapat bawang merah di atas suatu bedengan kemudian diberikan penutup berupa terpal plastik yang sebelumnya telah dibuatkan tiang penyangga di bagian tengah untuk menghindari tekanan atau sentuhan langsung terpal penutup terhadap bawang merah. Proses pelayuan  dilakukkan dengan menutup/menaungi bawang merah selama 2-3 hari menggunakan terpal plastik yang telah disiapkan sebelumnya setelah bawang merah di panen.

Pengeringan

Proses pengeringan dilakukan dengan penjemuran langsung di bawah sinar matahari, umumnya dilakukan selama 2-3 hari pertama setelah dipanen. Untuk menghindari sengatan matahari secara langsung  yang dapat mengakibatkan terjadinya keriput dan rusaknya jaringan pelindung pada bawang merah perlu net hitam/pelindung UV sehingga sinar matahari tidak langsung kontak dengan bawang merah hal ini bisa mengurangi pemudaran warna kulit bawang merah.

Dengan penggunaan kedua metode di atas bawang merah mampu bertahan sampai 16 minggu dalam penyimpanan. Penyimpanana pada suhu 25-32 OC.